Pusat DOD, Itik / bebek tervaksin flu burung, Telur Asin, dan Mesin Tetas di Tangerang, Banten dan Jakarta

Kamis, 01 Mei 2014

Pertemuan Diseminasi Teknologi Budidaya Ternak Itik





Semarang. 30 April 2014. Kelompok ternak Nubarokah mengikuti Kegiatan ‘Pertemuan Diseminasi Teknologi Budidaya Ternak Itik’ yang diselenggarakan oleh Direktorat Budidaya Ternak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan bertempat di Hotel Dafam Semarang selama tiga hari dari tanggal 27-30 April 2014.
Hari pertama pertemuan berisi arahan dari direktur Budidaya Ternak sekaligus membuka acara. Hari kedua merupakan hari paling padat setidaknya ada empat  sesi pertemuan di hari ini. Sesi pertama adalah diskusi panel dengan materi Manajemen Formulasi Pakan dan bahan pakan alternative pada ternak itik yang disampaikan ole Dr. ir. Osfar Sjofjan, M.Sc dosen dari Univesitas Brawijaya Malang dilanjutkan dengan materi Manajemen Kesehatan: penerapan biosec urity level 3 pada budidaya ternak Itik oleh Drh. M Azhar, M.Si dari Keswan Pusat. Sesi kedua adalah pemaparan dari kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah dengan materi Prospek Pengembangan Ternak Itik di Provinsi Jawa Tengah, dilanjutkan dengan sosialisasi penerapan Good Farming Practice oleh Kasubdit Ternak Unggas dan Aneka Ternak. Sesi ketiga adalah diskusi panel tentang Kebijakan Pemerintah dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk peternakan (produk hasil ternak itik) yang disampaikan oleh Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian, dilanjutkan dengan materi Penguatan Jaringan Kelembagaan Peternak Unggas Lokal oleh ketua HIMPULI. Dan sesi malam diisi oleh Succes Story Peternak Budidaya Itik dengan pembicara dari Kelompok Maju Jaya. Hari ketiga kami diajak melakukan kunjungan lapang ke kelompok Maju Jaya di kabupaten Tegal dan Kelompok Satelit di Kota Tegal. Dan hari terakhir adalah chek out dar hotel.
Setidaknya kami belajar tentang banyak hal, salah satunya adalah meningkatkan nilai tambah produk dengan melakukan pengolahan hasil ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar