Pusat DOD, Itik / bebek tervaksin flu burung, Telur Asin, dan Mesin Tetas di Tangerang, Banten dan Jakarta

Kamis, 10 Desember 2015

Distribusi kami dan upaya meminimalkan Resiko


Distribusi dalam bisnis menjadi penting. Karena lewat distribusilah barang yang diproduksi oleh produsen sampai ke hadapan konsumen. Kami pun mendesain model bisnis kami dan dalam model bisnis itu distribusi (chanel) yang kami siapkan berupa kandang dan gudang pakan jika ada konsumen yang mau datang sendiri ke lokasi kami dan distribusi pengiriman langsung ke kandang pemesan. Pengiriman langsung ke kandang pemesan inilah yang sering terjadi pada usaha kami. Karenanya kami pun menyiapkan sistem distribusi untuk konsumen.
Di bisnis peternakan ini kami memiliki produk berupa makhluk hidup dan produk benda mati. Kedua jenis produk ini memiliki perbedaan dalam distribusinya. Distribusi makhluk hidup sangat menekankan kehati-hatian dalam handling dan waktu pengirimannya sedangkan pakan tidak terlalu memerhatikan handling dan waktu pengiriman. 
Distribusi Itik. 
Kami berbisnis dengan produk makhluk hidup. Tentu saja sangat rentan akan resiko kematian. Karenanya prosedur distribusi yang baik mutlak diperlukan untuk mengurangi resiko kematian ternak di perjalanan. Dan kami berpengalaman untuk distribusi ini didukung dengan alat transportasi serta orang yang mumpuni. 
Prosedur yang ditetapkan adalah batas jumlah pengiriman dan waktu pengiriman. Batas itik yang dikirim untuk jarak jauh dibatasi untuk itik petelur hanya 500 ekor setiap kali angkut. Sedangkan waktu pengiriman menghindari siang hari yaitu ketika pagi hari, bahkan bisa jam 3 pagi dan sore hari ketika sudah teduh. 
Pada tahun 2015 ini dari seluruh kegiatan pengadaan yang kami kerjakan, kami mencatatkan prestasi yang baik dari tingkat kematian. Tercatat presentasi kematian itik yang kami kirim adalah 0,75% dari itik yang kami kirim. Tentu saja kami berharap dapat mempertahankan hasil yang sudah baik ini. 
Distribusi pakan. 
Distribusi pakan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan permintaan dan lokasi pengiriman. Kendaraan yang digunakan adalah kendaraan yang biasa digunakan untuk pengangkutan logistik dan disertai dengan kuli panggul. Sedangkan untuk pengiriman dalam jumlah minimal 1 ton menggunakan mobil kecil bak terbuka. 
Berbeda dengan distribusi itik, pada distribusi pakan tidak ada batasan waktu dan kehati-hatian dalam handlingnya. Hal yang diwaspadai hanyalah hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar